Media
Pembelajaran Akuntansi dengan Menggunakan Media Guru, Siswa dan Tebak-Tebakkan
Games
1. Gambaran umum media yang akan
saya gunakan
Dalam pembelajaran akuntansi, saya akan menjelaskan pembelajaran tersebut
dengan menggunakan media guru, siswa, dan tebak-tebakan. Dimana media guru
sebagai pembimbing, siswa sebagai pelakunya dan tebak-tebakkan sebagai media
utama dalam proses pembelajaran. Media tebak-tebakkan ini digunakan sebagai
taktik seorang guru dalam menyampaikan pemahan pelajaran akuntansi dasar kepada
siswa.
2. Kelebihan media yang akan saya
gunakan
Media yang saya gunakan ini, merupakan media yang sederhana dan telah sering
digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut saya kelebihan dari media yang
saya gunakan adalah tebak-tebakkan games yang dipakai untuk menjelaskan
pelajaran akuntansi, yang mana materinya pengenalan dasar akuntansi. Media ini
dapat membuat siswa lebih tertarik dalam memahami dan mengerti pelajaran yang
telah ia pelajari. Dengan menggunakan media ini dapat membuat suasana yang
gembira dan tidak menjenuhkan pikiran siswa, sehingga siswa tersebut tidak
bosan menghabiskan waktu pembelajaran akutansi yang telah ada.
3. Kelemahan media yang akan saya
gunakan
Media yang saya gunakan ini juga memiliki kelemahan, dimana media
tebak-tebakkan ini yang dibuat dalam bentuk kelompok belajar. Sehingga
terkadang siswa tersebut dalam kelompoknya ada beberapa orang yang tidak ikut
sera dalam memecahkan masalah tebak-tebakkan tersebut. Dimana media
tebak-tebakkan ini harus dapat dipecahkan dengan kerja sama, agar tercapainya
jawaban yang benar.
4. Langkah-langkah membuat media
pembelajaranya.
Adapun langkah-langkah membuat media pembelajaran yang saya gunakan adalah :
- Membuat tebak-tebakkan sesuai dengan pembelajaran yang akan dibahas.
- Menyiapkan terlebih dahulu kertas yang telah diisi dengan tebak-tebakkan .
- Kemudian kertas yang diisi tebakkan tersebut dipotong sesuai dengan yang diinginkan.
- Gulung kertas tersebut sehingga tidak terlihat isi bacaan yang ada didalam kertas.
- Dan media tersebut siap digunakan.
5. Langkah-langkah penerapan media
pembelajarannya
Adapun langkah-langkah penerapan media pembelajaran yang saya gunakan adalah:
- Guru terlebih dahulu menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas.
- Setelah itu guru menjelaskan bagaimana berjalannya games tebak-tebakkan tersebut kepada siswa.
- Menugaskan siswa membuat kelompok dengan anggota 6 atau 5 orang setiap kelompoknya.
- Menunjuk ketua kelompok pada setiap kelompok.
- Memberikan pilihan kepada setiap kelompok dalam memilih kertas gulungan yang berisikan tebak-tebakkan.
- Selanjutnya menugaskan kepada siswa untuk dapat menebak isi tebak-tebakkan tersebut, dan meminta perwakilan kelompok untuk menjelaskan hasil dari tebak-tebakkan tersebut di depan kelas.
- Kemudian guru mengulang atau menjelaskan kembali pembelajaran tersebut dan menyimpulkan pembelajaran dan hasil dari tebak-tebakkan tersebut, sehingga tersampainya pemahaman pembelajaran yang dituju untuk siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar