Jumat, 23 November 2012


Media Pembelajaran IPS ( Sosiologi ) dengan menggunakan “Peta Konsep atau Mapping”
Gambaran umum media yang akan saya buat dan akan saya terapkan dalam proses belajar-mengajar dikelas yaitu dengan menggunakan peta konsep atau sering disebut dengan mapping. Selama ini dalam proses pembelajaran kebanyakan guru mengajar dengan teori saja. Disini saya akan memberikan suau inovasi baru dalam proses belajar-mengajar terutama pembelajaran sosiologi dengan membuat peta konsep atau mapping. Yang secara garis besar hanya membuat penjelasan atau ringkasan-ringkasan yang penting-pentingnya saja.
            Kelebihan-kelebihan dari media yang saya gunakan ini seperti :
  • Siswa tidak jenuh dalam pembelajaran ini.
  • Siswa juga menjadi kreatif dalam menggunakan ide-idenya dalam membuat peta konsep.
  • Siswa juga mudah mengerti dalam menjelaskan isi dari peta konsep tersebut dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh siswa.

Adapun kelemahan dari media ini yaitu, tidak semua siswa bisa kreatif dan tidak semua siswa mudah menanggapi metode tersebut. Maka dari itu saya membuat siswa menjadi beberapa kelompok. Gunanya untuk saling bekerjasama membuat peta konsep tersebut.

Langkah-langkah dari media yang akan saya gunakan ini yaitu:
  • Pertama membentuk kelompok belajar.
  • Kemudian memberikan judul dari materi secara garis besar.
  • Lalu dari judul materi tadi, saya akan menginstruksikan siswa untuk mengembangkan ide-idenya sekreatif mungkin sesuai dengan judul dari materi yang saya berikan tadi.
  • Selanjutnya,bagi siswa yang aktif dan kreatif dalam membuat peta konsep atau mapping tersebut maka akan diberikan point tambahan.

Langkah-langkah penerapannya seperti :
  • Siswa dapat memahami apa itu peta konsep.
  • Siswa dapat mengulangi kembali atau menerangkan kembali isi dari peta konsep atau mapping yang mereka buat tadi dengan menggunakan kata-katanya sendiri.